Mau Tau Bedanya Coconut Oil dan Virgin Coconut Oil (VCO)?

Indonesia terkenal juga dengan nyiur melambainya atau pohon Kelapa. Kepikiran nggak sih kalo nggak ada pohon kelapa kita nggak bisa menikmati banyak makanan lezat seperti rending, soto, es kelapa, serundeng dan banyak lagi! Nah kamu tau nggak buah kelapa ini terdapat banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan kamu, kali ini saya mau membahas mengenai  2 jenis minyak yang bisa didapat dari kelapa, yaitu minyak kelapa biasa (coconut cooking oil) dan Virgin Coconut Oil (VCO).

Proses Pembuatannya

Banyak yang masih bingung mengenai bedanya minyak kelapa biasa dengan virgin coconut oil (VCO). Sebenarnya bedanya ialah dari proses pembuatan atau pengekstraksian. Minyak kelapa biasa atau yang banyak digunakan untuk proses memasak ini cara membuatnya ialah dibuat dari bagian daging kelapa yang dikeringkan biasanya juga disebut dengan kopra. Proses membuat minyak kelapa selanjutnya adalah dengan menggilingnya atau dengan komprasi dingin. Selain itu juga dengan adanya penambahan bahan kimia lainnya seperti bahan pelembap sekitar 5-6%.

Untuk VCO, pembuata ekstraksi minyaknya dihasilkan 100% murni dari santan kelapa yang diperas dan segar. Untuk membuat VCO sendiri mempunyai beberapa langkah, seperti  fermentasi, churning (proses pemisahan secara sentrifugal antara santan dan lapisan minyak), pendinginan juga pemberian aksi enzim yang berguna memisahkan antara minyak kelapa dengan air atau santan.

Artikel Terkait:  Jangan Meniup Makanan Panas, Bahaya untuk Kesehatan!
Virgin Coconut Oil (VCO)
Bau dan aromanya segar seperti daging dan air kelapa murni

Beda Bentuk dan Komposisi

Pada umumnya minyak kelapa biasa dan VCO nggak bisa kamu bedakan dengan kasat mata. Akan tetapi kamu bisa melihat perbedaan dari partikel, koloid dan juga tingkat kelembabaan antara minyak kelapa biasa dengan VCO.

Bila kamu melihat dengan teliti, asam lemak biasa akan mengendap pada minyak kelapa biasa. VCO nggak tertdapat ada endapan minyak dan terlihat sangat jernih seperti air serta bau khas kelapa. Selain itu juga aroma VCO lebih segar dan baunya seperti air kelapa segar murni. VCO bisa langsung dikonsumsi dan bisa juga sebagai perawatan kulit dan wajah kamu. VCO juga merupakan suplemen utama untuk kamu yang sedang melakukan diet keto.

Kandungan yang terdapat dalam minyak kelapa biasa dan Virgin Coconut Oil pun banyak mempunyai  perbedaan.

Persamaan kandungan nutrien yang terdapat di kedua minyak ini antara lain :

  • Polyphenols
  • vitamin
  • mineral

Akan tetapi VCO mempunyai tambahan kandungan lain yaitu :

  • asam lemak
  • kolesterol baik
  • tidak ada asam lemak non trans (non trans fatty acid)
  • Vitamin E

Seperti kita ketahui, minyak merupakan komoditi yang penting untuk keseharian. Pasti kamu nggak tahu kan kalau minyak itu sangat baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi tanpa dipanaskan dan sangat berbahaya jika dikonsumsi dengan proses dipanaskan, bisa memacu kanker, mengandung racun kimia yang ada dalam minyak (aldehydes), serangan jantung dan dementia.

Artikel Terkait:  Spesifikasi Komputer untuk Server Murah: Untuk Kantor, Sekolah dan Lainnya

“Cooking with vegetable oils releases toxic chemicals linked to cancer and other diseases, according to leading scientists, who are now recommending food be fried in olive oil, coconut oil, butter or even lard.

The results of a series of experiments threaten to turn on its head official advice that oils rich in polyunsaturated fats – such as corn oil and sunflower oil – are better for the health than the saturated fats in animal products.

Scientists found that heating up vegetable oils led to the release of high concentrations of chemicals called aldehydes, which have been linked to illnesses including cancer, heart disease and dementia.”

Sumber :  https://www.telegraph.co.uk/news/health/news/11981884/Cooking-with-vegetable-oils-releases-toxic-cancer-causing-chemicals-say-experts.html

Nah mulai sekarang ada baiknya kurangi makanan yang banyak mengandung minyak yang dipanaskan seperti gorengan, kerupuk dan banyak lagi.

Terus kalo gitu makan apa dong?

 

Baca Juga : Kepo sama Keto : Diet Ketogenik serta Manfaatnya

Related Posts

Cara Alami untuk Memutihkan Kulit

5 Cara Alami untuk Memutihkan Kulit Secara Aman

Cara Memutihkan Kulit secara Alami – Kulit yang cerah dan segar sangat diinginkan semua orang. Namun, karena adanya faktor eksternal seperti sinar matahari, polusi, stres, dan kurangnya…

Cara Memutihkan Wajah dan Badan alami

Cara Memutihkan Wajah dan Badan: Tips Cepat dan Aman

Cahaya matahari, polusi udara, dan gaya hidup tidak sehat adalah faktor utama dalam pengembangan warna kulit yang gelap, kusam, dan kasar. Namun, kita dapat mengembalikan kecerahan dan…

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat menjadi salah satu masalah yang sering mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa tidak nyaman akibat sulit bernafas dan seringnya bersin membuat kita sulit untuk menjalankan aktivitas dengan…

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Mudah dan Alami

Siapa yang tidak bosan dengan keluhan bekas jerawat yang membuat kulit terlihat belang-belang? Meski jerawat sudah terhenti muncul di wajah, namun bekasnya tidak serta merta hilang begitu…

Cara Transfer Pulsa Telkomsel 2023

Mengisi pulsa mungkin hal yang biasa bagi pengguna kartu Telkomsel. Namun, terkadang situasi membutuhkan kita untuk bisa mentransfer pulsa kepada teman atau keluarga. Berikut ini adalah cara…

Cara Membuat Suara Google

Melalui aplikasi Google Assistant Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat suara Google menjadi lebih personal. Salah satunya adalah melalui aplikasi Google Assistant. Dengan aplikasi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *